Sabtu, 16 Desember 2017

Proposal Proyek Teknologi Informasi

Nama : Ifal Revo Abelano (55414090)
Kelompok:
Aji Prayitno (50414677) klik
Bemby Aditya P (52414125) klik
Debby Purwati (52414597) 
Dhini Harnes S (52414941) klik
Gabriel (54414411) klik
Ilham Dwi S
Lutfianto Triatmojo (56414183) klik
Muhammad Irfan
Muhammad Rezha P (57414491) klik
Nur Rohimah(58414184) klik
Wandi Muhammad A(5C414180) klik





PROPOSAL PROYEK TEKNOLLOGI INFORMASI

PEMASANGAN PERANGKAT KOMPUTER UNTUK LABORATORIUM SEKOLAH



BAB I



1.1        LATAR BELAKANG MASALAH

Teknologi komputer berkembang sangat pesat di era globalisasi ini. Begitu juga dengan kebutuhan perangkat komputer. Perkembangan komputer yang sangat pesat, maka persaingan di era teknologi sangatlah sulit. Maka dari itu perangkat komputer yang di sediakan oleh sekolah sangatlah membantu siswa dalam pembelajaran dan pembekalan siswa di masa yang akan datang. Fasilitas di sekolah akan menambah kualitas sebuah sekolah serta siswapun memiliki bekal teknologi yang kuat di dunia kerja atau perkuliahan.

Perangat komputer memakan biaya yang tidak sedikit, dengan proyek ini, maka biaya tersebut akan lebih murah di bandingan harga perangkat komputer satuan. Akan tetapi dengan proyek ini, manfaat yang diterima pihak sekolah akan lebih besar dan bermanfaat.



1.2        TUJUAN

Adapun tujuan yang dicapai adalah membuat pelajar lebih mengenal teknologi sebagai sarana yang bermanfaat dan meningkatkan kreatifitas pelajar dalam menggunakan teknologi.



1.3        MANFAAT

Manfaat yang di terima pihak sekolah yaitu menambah sarana dan prasarana sekolah agar sekolah lebih maju. Manfaat yang di terima oleh siswa yaitu menambah wawasan dalam penggunaan teknologi komputer sebagai bekal di masa depan.









BAB 2

ANALISIS PERUSAHAAN



2.1       PROSPEK USAHA  

Dengan berdirinya perusahaan yang bergerak di bidang IT ini dan semakin berkembangnya peran teknologi dalam kehidupan masyarakat, maka perusahaan ini diprediksikan akan terus bertahahan dan maju untuk membantu sekolah - sekolah dalam pengadaan sarana dan prasarana khususnya perangkat komputer yang menunjang dalam teknologi sehingga semakin meningkatkan fasilitas dan kemajuan teknologi itu sendiri. Dengan kemajuan teknologi itu sendiri sangat memungkinkan untuk pengadaan komputer yang lebih banyak pada semua sekolah sehingga perusahaan akan terus bertahan.



2.2       SASARAN         

Sarana dan prasarana perangkat komputer ini bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan kualitas mutu sekolah dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam penggunaan teknologi sehingga siap untuk dunia kerja atau perkuliahan. Oleh karena itu sekolah merupakan partner yang tepat untuk dijadikan kerja sama dalam projek ini.



2.3       RISIKO

Evaluasi tentang Usaha (Analisis SWOT)

Kelebihan (Strength)

Dengan produk perangkat komputer yang berkualitas dan terjangkau, perusahaan ini dapat memenuhi kebutuhan client (Sekolah) yang membutuhkan pengadaan perangkat komputer.

Kelemahan (Weaknes)

Persaingan pasar dengan perusahaan luar yang memiliki perangkat komputer dengan harga yang lebih murah.

Peluang (Oportunity)

Peluang sangat terbuka karena banyak sekali sekolah - sekolah yang belum memiliki perangkat komputer untuk fasilitas mereka. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang sehingga perangkat terus berkembang juga membuka peluang untuk mengganti perangkat komputer lama dengan yang baru.

Ancaman (Threaty) 

Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan sehingga menimbulkan persaingan.













BAB III



3.1    METODE PELAKSANAAN

          Pemasangan alat direncanakan melalui tahap :

1.    Pengecekan alat yang digunakan

2.    Perangkaian alat

3.    Pemasangan Komputer dan jaringan

4.    Pengujian alat yang telah dirangkai


3.2    JADWAL PELAKSANAAN PEKERJAAN


NO
KEGIATAN
MINGGU
A
PERSIAPAN
I
II
III
IV
1.
Penetapan Rencana Kerja
P



2.
Persiapan Bahan
P
P


3.
Persiapan Alat
P
P


B
PELAKSANAAN




1.
Instalasi Jaringan Kelistrikan
P
P
P
P
2.
Pemasangan UPS

P


3.
Perangkaian Komputer Server

P



Perangkaian Komputer Client

P
P
P
4.
Instalasi Jaringan Lokal & Internet

P
P
P
5.
Testing Atau Uji Coba

P
P
P
C
PENYUSUNAN LAPORAN




1.
Menyusun Laporan

P
P
P
2.
Perbaikan Laporan

P
P
P
3.
Pengadaan Laporan Akhir



P
4.
Pengiriman Laporan



P











3.3    ESTIMASI BIAYA


NO
NAMA
KETERANGAN
BANYAK
HARGA/SATUAN (Rp)
JUMLAH (Rp)
1.
Komputer Server
Intel Core i5-4460 @3.40Ghz; WD Blue 1TB SATA; VGA Intel GMA OnBoard upto 256MB; 8GB DDR3 1333 Mhz; OS Dual Boot Windows/Linux
1
7,000,000
7,000,000
2.
Komputer Client
Intel Core2 Duo @2.4Ghz; 250GB SATA; VGA Intel GMA OnBoard upto 256MB; 2GB DDR3 1066 Mhz
40
2,600,000
104,000,000
3.
Instalasi UPS
Cadangan Listrik untuk Server
1

300,000
4.
Instalasi Jaringan dan Kelistrikan
Instalasi Jaringan Pengkabelan
42
200,000
8,400,000
5.
RJ 45
Connector Generik
1KG

45,000
6.
Switch 8 Port
LINKSYS SE2800
5
499,400
2,497,000
TOTAL
122,242,000

















3.4     Contoh Gambar Produk yang akan diggunakan



          Komputer Server                                                     





Spesifikasi


CPU                           : Intel Core i5-4460
Processor Speed     : 3.40Ghz
HDD                           : WD Blue 1TB SATA 
Model GPU               : VGA Intel GMA OnBoard upto 256MB 
RAM                           : 8GB DDR3 1333 Mhz 
Wi – Fi                       : Intel Dual Band Wireless-AC 7265
Konektifitas               : HDMI, USB2.0, USB3.0, Bluetooth
Sistem Operasi         : OS Dual Boot Windows/Linux        




Komputer Client             
                         

                
Spesifikasi
CPU                           Intel Core2 Duo 
Processor Speed     2.4Ghz
HDD                           250GB SATA 
Model GPU               VGA Intel GMA OnBoard upto 256MB 
RAM                           2GB DDR3 1066 Mhz
Konektifitas               : HDM, USB2.0, USB3.0
Wi – Fi                       : IEEE802.11a/b/g/n
Sistem Operasi         : Windows

           


Switch 8 Port                                                             




Spesifikasi



Product Code           SE2800
Standards                  IEEE802.3, IEEE802.3u, IEEE802.3ab, IEEE802.3x
Ports                           8 x RJ45
Speed                         10/100/1000Mbps
LEDs                          Back Panel, Ethernet (on port), power
Power                         12V, 0.5A
Dimensions              7.56" x 5.83" x 1.18"
Weight                       0.64 lbs.
Power Saving           Cable connected detection, Cable length detection, Sleep Mode 
Temperature             0ºC to 40ºC (32ºF to 104ºF)

            3.5       Lampiran


                              Struktur Oganisasi











            Tabel Produk

#
Produk
Merk
1.
Komputer Server
Acer
2.
Komputer Client
Acer
3.
Switch 8 Port
Acer


Jumat, 10 November 2017

PT Gametechno Indonesia

Tugas Softskill - Pengantar Bisnis Informatika

Kelompok : 

Bemby Aditya Permadi (52414125) http://bingbengbeng.blogspot.co.id/
Ifal Revo Abelano (55414090) http://abelanorevo.blogspot.co.id/
M Arinal Fadillah (57414104) http://arinalizers.blogspot.co.id/




Nama Perusahaan                    : PT Gamatechno Indonesia (Gamatechno)
Berdirinya Perusahaan              : 4 Januari 2005
Alamat                                        : Jalan Cik Di Tiro no. 34, Yogyakarta 55223, Indonesia
Email                                          : info@gamatechno.com

Gamatechno adalah perusahaan yang memiliki focus pada pengembangan produk dan solusi teknologi informasi untuk segmen perguruan tinggi, lembaga pemerintah, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik, serta industri bisnis.
PT Gamatechno Indonesia (Gamatechno) berdiri pada tanggal 4 Januari 2005 dan berkantor pusat di Yogyakarta. Pada tahun 2013 Gamatechno membuka kantor cabang di Jakarta.
Gamatechno memiliki fokus pada pengembangan produk dan solusi teknologi informasi untuk segmen perguruan tinggi, lembaga pemerintah, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik, serta industri lifestyle. Layanan yang berfokus pada 4 segmen utama tersebut selanjutnya didefinisikan sebagai gtSmartCity Solution, yaitu solusi berbasis sistem dan teknologi informasi guna mewujudkan sebuah kota cerdas dengan ciri less paper, less time, less cash dan less complexity untuk meningkatkan tatanan hidup masyarakat.

VISI
Menjadi pemimpin pasar dalam pengembangan kota pintar nasional

MISI
Dalam rangka pencapaian visi dan tujuan perusahaan, maka Gamatechno menjabarkan misi-misi perusahaan sebagai berikut :
1.      Mengakomodasi sumber daya, potensi, dan kebutuhan UGM
2.      Mengembangkan solusi TIK yang berkesinambungan
3.      Membangun jejaring kerjasama untuk menumbuhkan industri digital di Indonesia
4.      Memberikan benefit dan value bagi mitra, pelanggan, dan seluruh stakeholder

LEGALITAS
Nama Perusahaan : PT Gamatechno Indonesia 
Alamat Perusahaan : Jalan Cik Di Tiro no. 34, Yogyakarta 55223, Indonesia
Bidang Usaha : Teknologi Informasi dan Komunikasi termasuk pengembangan perangkat lunak, perangkat keras, konsultasi, dan pelatihan di bidang TI
No.Telepon : +62-274-566161
No.NPWP : 02.369.197.5-541.000
Akta Pendirian : No. 1/Tgl 04-01-2005, Notaris Sumendro SH
Pengesahan : No. C-08796 HT.01.01.TH.2005
HO : No. 503-0337/1234.GK/2005, Jasa TI dan Komunikasi
SIUP : 15/12-05/PB/V/2005, Perdagangan   Barang dan Jasa
TDP : 120517201161
NPW : P02.369.197.5.541.000
INKINDO : A001 3471-1-120599, Bidang Telematika
Email : info @ gamatechno.com

STURKTUR ORGANISASI



Komisaris Utama : DR. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt
Komisaris : Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D.
Komisaris : M. Afrizal Hernandar, S.T., MBA.
President Director : Muhammad Aditya A N
Director : Adityo Hidayat St. Majo Kayo, CISA
Research and Business Development General Manager : Novan Hartadi
Multimedia General Manager : Nanang Ruswianto
Consulting Services General Manager : Nugroho Setio Wibowo
Finance General Manager : Reni Nurika Andayani
Human Resource and Corporate Services General Manager : R. Sumarwan Ismunu
Business Development Manager : Triasmono
Academic Segment Manager : Awaludin Zakaria
Government Segment Manager : Taufik Suryawan Edyna
Lifestyle Segment Manager : A. Toto Priyono
Transportation Segment Manager : Alvonsius Albert Naipupu
Customer Engagement Manager : Yenni Eka Susanti 
HR and Legal Manager : Andri Kushendarto

ASPEK PEMASARAN
Aspek  Pemasaran dibagi dalam produk dan service Diantarannya adalah Academic Solution, Goverment Solution , Tranportation Solution, Lifestyle Solution dan Consulting Training.

Aspek Pemasaran Academic Solution
Untuk segmen perguruan tinggi, produk unggulan Gamatechno adalah gtCampus Suite yaitu sistem informasi terintegrasi untuk perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai software modular yang dirancang sesuai dengan proses bisnis perguruan tinggi mulai dari pengelolaan penerimaan calon mahasiswa, pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus, pengelolaan aset kampus yang meliputi aset sumber daya manusia, keuangan dan aset barang, perpustakaan, penelitian dan beasiswa hingga dashboard system untuk pimpinan kampus.

Aspek Pemasaran Goverment
Untuk segmen lembaga pemerintah, Gamatechno memiliki beberapa produk unggulan, diantaranya adalah gtPerizinan (sistem pengelolaan pelayanan perizinan terpadu), gtAspirasi (sistem pengelolaan aspirasi masyarakat), serta aplikasi gtGroupware (sistem kolaborasi dan arsip perkantoran). Selain produk-produk tersebut, Gamatechno juga melayani pengembangan portal website lembaga dengan konsep citizen centric, serta pengembangan berbagai aplikasi berbasis web lainnya sesuai dengan kebutuhan lembaga.

Aspek Pemasar Transportation Solution
Untuk segmen transportasi dan logistik, Gamatechno mengembangkan beberapa produk unggulan bagi perusahaan atau organisasi yang bergerak dibidang layanan transportasi dan logistik, yaitu gtFleets (sistem informasi pengelolaan armada), gtSmartTicket System (sistem tiket elektronik berbasis smartcard), serta aplikasi mTransport (aplikasi mobile untuk informasi dan layanan transportasi publik).

Aspek Pemasaran Lifestyle Solution
Pada segmen lifestyle, Gamatechno mengembangkan produk-produk aplikasi back-end dan front-end untuk beberapa sub industri diantaranya taman hiburan dan wisata, pusat belanja dan entertainment, microfinance, dan industri kesehatan. Beberapa portofolio produk untuk segmen lifestyle ini antara lain eoviz.com (small & medium enterprises resource planning system on cloud), mEvent (aplikasi mobile informasi event), serta mCatalog (aplikasi mobile informasi katalog produk).
Consulting IT
Selain pengembangan produk aplikasi berbasis web, mobile, smartcard dan beberapa teknologi terkini lainnya yang dikemas dalam gtSmartCity Solution, Gamatechno juga menyediakan jasa konsultasi IT, audit IT, training IT, serta layanan maintenance sistem dan agregasi konten digital.
Sebagai perusahaan yang berbasis perguruan tinggi, Gamatechno memiliki keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki perusahaan lain, yaitu sumber daya dan aset riset yang dimiliki Universitas Gadjah Mada sebagai dasar pengembangan dan inovasi produk serta layanan Gamatechno agar tercipta solusi yang tepat guna bagi masyarakat. Dan untuk melengkapi layanan total kepada pelanggan dan mitra, saat ini Gamatechno telah memiliki anak perusahaan yaitu PT Aino Indonesia yang bergerak dibidang teknologi smartcard, RFId, dan Mobile NFC.




Sumber :
  • http://consaveipa5.blogspot.com/2014/12/pengembangan-rencana-bisnis-informatika.html
  • http://hyugholiverpudliand.blogspot.co.id/2014/12/pengembangan-rencana-bisnis-informatika.html


Kamis, 05 Oktober 2017

Company Profile IDEBAGUS.COM



TENTANG IDEBAGUS.COM

Idebagus.com merupakan divisi bisnis Teknologi Informasi dari CV Idebagus Gemilang, sebuah perusahaan dengan skala layanan nasional yang berbasis di Depok, Jawa Barat. Idebagus.com mulai beroperasi pada tahun 2013. Saat ini kami sudah mulai dipercaya untuk menangani pembuatan website untuk berbagai kalangan mulai dari personal hingga instansi, baik swasta maupun pemerintahan. Idebagus.com didukung oleh para ahli dalam  bidang pembuatan website sehingga dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang dapat  bersaing terhadap produk dari perusahaan lain.

ALAMAT

Ruko Sunter Paradise Blok F No.23
Jakarta, 14350
Telp : (021) 32282389

Jalan Kemakmuran Raya/69
Depok, Jawa Barat 16417
Telp: (021) 824 99970

Website : idebagus.com

SALES & BILLING

09:00 - 17:00 Senin - Jumat
Email : info@idebagus.com
Email : billing@idebagus.com

TECHNICAL SUPPORT

24 Jam setiap hari (hanya melayani Pelanggan).
Email : support@idebagus.com

VISI

Menjadi perusahaan jasa pembuatan website terkemuka di Indonesia.

MISI

Menyediakan website dengan kualitas yang baik dengan harga bersaing untuk semua kalangan.

PRODUK IDEBAGUS.COM

Jasa pembuatan website kami terbagi dalam beberapa kategori dan setiap kategori kami berikan penawaran berupa paket yang sudah kami susun sesuai kebutuhan dalam  pembuatan website profesional untuk Anda. 
Pembuatan website profesional sangat diperlukan untuk membantu Anda dalam membangun website profesional untuk berbagai keperluan, baik untuk personal, bisnis, akademik, komunitas, maupun instansi. 

Kami menerapkan keahlian khusus dalam pembuatan website tidak hanya sekedar menjadi sebuah website, tapi lebih kepada bagaimana website tersebut akan tampak  proporsional, tampak menarik, dan tampak tidak membosankan. Website profesional yang kami bangun meliputi website statis dan website dinamis. 

Kategori jasa pembuatan website profesional yang kami tawarkan, antara lain: 
1. Website personal (mis: web pernikahan, blogger, wordpress, dll) 
2. Website bisnis (mis: web perusahaan, toko online, dll) 
3. Website akademik (mis: web sekolah, web universitas, dll) 
4. Website portal/instansi (mis: media online, web pemerintahan, dll) 
5. Website commerce (mis: web toko online, dll)

HARGA PRODUK

1. Nama Domain
Pendaftaran domain dengan fitur terlengkap di Indonesia untuk segala keperluan.
- Domain ProtectID
- URL Cloaking
- Registrar Lock
- Domain Forwarding

Rp125ribu/thn 

2. Web Hosting
Web hosting murah, lengkap & handal plus domain gratis untuk email & website Anda.
- Domain Gratis
- Website Builder
- Email, Web Mail & POP3
- 99% uptime guarantee

Rp125ribu/thn

3. Design Template
Wujudkan potensi website Anda dengan tampilan design terbaik & professional.
- Murah & cepat, siap dipakai
- Template Premium
- Lengkap dengan PSD & HTML

Rp1juta/one-time

KEUNGGULAN PRODUK IDEBAGUS.COM

Berikut ini merupakan keunggulan website yang kami bangun: 
1. Akses website lebih cepat
karena kami mendesain website anda dengan memperhatikan standarisasi penulisan pengkodean bahasa website dalam pembuatan website Anda. 

2. Desain website lebih elegan
karena kami memperhatikan keharmonisan dalam menentukan dan penyusunan konten maupun struktur website dalam pembuatan website yang Anda inginkan. 

3. Website lebih professional
karena kami menerapkan kedua keunggulan website di atas dalam pembuatan website Anda.

STRUKTUR ORGANISASI



Idebagus.com memiliki struktur organisasi dalam perusahaan seperti pada bagan diatas. Penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut: 
1. Dewan Komisaris
bertugas melakukan pengawasan terhadap Direktur Perseroan terbatas (PT) dalam menjalankan dan mengelola Perseroan serta memberi nasehat mengenai rencana pengembangan Perseroan, rencana kerja dan Anggaran Tahunan Perseroan.

2. Direktur Utama
bertugas menentukan arah kebijakan strategis Perusahaan secara menyeluruh meliputi di bidang pengembangan project, keuangan, pemasaran serta kegiatan dibidang SDM. Saat ini yang menjabat sebagai Direktur Utama adalah Yudha Ardiansyah.

3. Manajer Pengembangan Projek 
bertugas mengkoordinasi perencanaan dan  pembangunan suatu projek sehingga pelayanan kepada pelanggan terpelihara secara konsisten dan tidak kompromis. Saat ini yang menjabat sebagai Manajer Pengembangan Projek adalah Haryadi Hartanto.

4. Manajer Keuangan
bertugas untuk mengawasi dan memberikan kebijakan terhadap  jalannya departemen penggajian dan departemen perbendaharaan. Saat ini yang menjabat sebagai Manajer Keuangan adalah Carolina Dinda Avileti. 

5. Manajer Pemasaran
bertugas untuk mengawasi dan memberikan kebijakan maupun strategi terhadap jalannya departemen pemasaran. 

6. Manajer Personalia
bertugas untuk mengawasi dan memberikan kebijakan maupun strategi terhadap jalannya HRD. Saat ini yang menjabat sebagai Manajer Personalia adalah Nurul Apriyani. 

7. System Analyst 
berhubungan langsung dengan end user atau client untuk mengetahui kebutuhan yang dipelukan dalam membangun sebuah website yang diinginkan user.

8. DBA (Database Administrator )
bertugas untuk mendesain arsitektur database, melakukan install dan konfigurasi database software, berpartisipasi pada desain dan  pengembangan dengan developer, serta menjamin integritas data.

9. Programmer 
bertugas untuk membangun aplikasi website yang sesuai dengan kebutuhan user yang telah didefinisikan oleh system analyst sebelumnya. 

10. Departemen Penggajian
 bertugas untuk mengatur penggajian dari sumber daya manusia (pekerja) di perusahaan tersebut.

11.Departemen Perbendaharaan
bertugas untuk mengatur keuangan yang melibatkan  pembelian terhadap kebutuhan peralatan untuk perusahaan. 

12. Departemen Pemasaran
bertugas untuk mengatur strategi promosi dalam upaya untuk memajukan perusahaan.

13. HRD (Human Resource Development )
bertugas untuk mengatur serta mengembangkan sumber daya atau kemampuan seluruh pekerja yang ada dalam suatu perusahaan. HRD  bertanggung jawab penuh dalam proses perekrutan tenaga kerja.



Sumber :

  • http://www.idebagus.com/
  • https://www.scribd.com/doc/193099422/Idebagus-Company-Profile
  • http://www.idebagus.com/domain
  • http://www.idebagus.com/hosting
  • http://www.idebagus.com/design

Kamis, 15 Juni 2017

Game Berjaringan

Judul/Bab          : Tugas 8
Nama                : Ifal Revo Abelano
NPM                  : 55414090
Kelas                 : 3IA21
Mata Kuliah       : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen     : Syefani Rahma Deski



Dalam pembahasan game berjaringan terdapat dua kata yaitu game dan jaringan dimana memiliki pengertian yang berbeda. Dalam penulisan kali ini akan membahas tentang Game Berjaringan. Satu per satu akan saya bahas sedikit banyak untuk memahami penulisan kali ini. Bahasan pertama adalah game. Apa itu game? Game merupakan permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin dari psikologis seseorang. Dalam game terdapat objek berupa dua dimensi hingga tiga dimensi, selain itu dalam game kita ketahui ada AI yang berfungsi sebagai alur jalan lawan (komputer) untuk melawan apa yang kita (user) input atau jalankan. Untuk jenis game terdapat banyak jenisnya. seperti game strategi, RPG, FPS, hingga game action. semua jenis game sering kita jumpai sebagai media hiburan. Akan tetapi belakangan ini banyak berkembang game yang dibuat adpat membuat kita (user) membuat kita ketagihan yang mengakibatkan lupa waktu.

Selanjutnya masuk dalam pembahasan jaringan. Apa si jaringan itu?. Pengertian umumnya adalah kumpulan sistem yang terdiri dari beberapa perangkat yang saling terhubung untuk mendapatkan hasil tujuan yang sama. Dapat dikatakan si perangkat-perangkat ini dihubungkan agar dapat terkoneksi satu sama lain. Jaringan dapat berupa sambungan yang terhubung ke dunia luas dengan koneksi internet, dan ada juga jenis jaringan offline dimana kita hanya dapat terkoneksi antar perangkat dengan sistem lokal area. Jadi, saat dimana ada suatu perangkat terhubung dengan perangkat lain, kita dapat katakan disana terdapat jaringan, entah itu online atau offlne.

Dari bahasan pengertian dari GAME dan JARINGAN, dapat dikatakan bahwa Game Berjaringan adalah suatu permainan dengan media elektronik yang dimainkan dengan cara terhubung dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah alat penghubung jaringan agar dapat bermain game secara bersamaan dengan user lain yang berbeda tempat, waktu, hingga kondisi dengan bantuan jaringan yang dapat menghubungkan atau mengkoneksikan antar perangkat, entah itu device komputer atau perangkat lain untuk dapat bermain game. Banyak contoh dari Game Berjaringan. contoh dari Game Berjaringan adalah Dota. game atau permainan Dota pada PC ini cara mainnya adalah dengan kita terhubung antar perangkat yang menggunakan alat perantara seperti router atau yang lainnya yang dapat menguhubungkan sebuah jaringan, bahkan kita dapat bermain secara lokal atau offline bersama teman-teman dengan memanfaatkan jaringan. Contoh lain dari Game Berjaringan adalah CS (Counter Strke) dimana game ini dapat kita mainkan bukan hanya bermain sendir, tapi bahkan dapat kita mainkan beramai ramai dengan teman-teman via jaringan lokal hingga online yang beda lokasi negara ataupun benua yang baermain secara realtime bersamaan.

Dalam Game Berjaringan ini kita pasti akan akrab dengan yang namanya PING. Ping ini berperan dalam masalah real time atau ketepatan waktu pergerakan game dengan perangkat lain. semakin besar ping maka semakin buruk, dan semakin kecil ping maka akan semakin baik dalam bermain Game Berjaringan ini. Jadi, bila ping besar maka pergerakan game akan tidak sinkron dengan gerakan game lain. Jadi disarankan bila bermain Game Berjaringan kita disarankan untuk menggunakan jaringan via kabel, karena bila kita gunakan jaringan via wireless maka akan banyak noise frekuensi yang dapat merusak sinyal ping keselarasan pergerakan game. dengan demikian kita dapat simpulkan bahwa untuk bermain Game yang Berjaringan unutk memakai internet atau jaringan via kabel agar lebih stabil.

Tipe - tipe game online :

•    First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).

•    Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.

•    Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360 (Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).

•    Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.

•    Massive Multiplayer Online (MMO) Games, adalah  game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata

Bedasarkan teknologi grafis :

-  2 Dimensi, game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk ringan, tidak membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.

- 3 Dimensi, game bertipe 3 DImensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi komputer yang lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut ditampilkan secara sempurna.

Bedasarkan cara pembayaran :

Maksud dari cara pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

A. Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item)  langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Dota 2, Counter Strike : GO, Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.

B. Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: War of Warcraft,dll.




Sumber :
  • http://regayudhafitransyah.blogspot.co.id/2017/04/game-berjaringan.html?m=0
  • http://ahmadrofiqef.blogspot.co.id/2017/06/game-berjaringanmenggunakan-koneksi.html


Review Game Berjaringan

Judul/Bab          : Penulisan 8
Nama                : Ifal Revo Abelano
NPM                  : 55414090
Kelas                 : 3IA21
Mata Kuliah       : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen     : Syefani Rahma Deski



1. Dota2

Dota adalah game yang menerapkan konsep AI atau kecerdasan buatan pada bot. Dota 2 juga bisa dimainkan oleh 2 team yang beranggota 5 orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Di mana tim harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lainnya agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang.

2. Payday 2

Merupakan game berbasis online dimana satu team terdiri dari 4 orang pemain melakukan perampokan sebuah bank atau tempat yang berharga lainnya. pemain-pemain ini secara kooperatif diharuskan dapat mengambil seluruh barang berharga pada bank tersebut dengan tantangan tidak boleh ketahuan polisi setempat dengan cara melumpuhkan sekuriti dan warga biasa supaya tidak ada yang menghubungi polisi. AI pada game ini tentunya terletak pada polisi, sekuriti, warga biasa, juga pada sistem keamanan yang ada. kita sebagai pemain harus dapat melewati seluruh rintangan yang disediakan para AI tersebut dan "menggasak" seluruh emas atau uang yang ada.


Perbedaaan :
Kedua game ini juga mempunyai AI yang berbeda, seperti pada Dota 2 terdapat pada BOT dengan tingkatan level yang berbeda disediakan untuk mode latihan, sedangkan Payday 2 AI-nya terletak pada team, polisi - polisi dan sandra-sandra yang dapat menghubungi bantuan polisi.




Sumber :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Dota_2
  • http://ahmadrofiqef.blogspot.co.id/2017/06/review-web-game.html